Kamis, 30 Oktober 2008

Melakukan Restore pada Database Mysql (hasil backup dengan mysqldump)

Tutorial kali ini merupakan lanjutan dari sebelumnya yaitu mebuat backup database dengan menggunakan mysqldump,ini merupakan terusan dari backup tutorial kemarin.
Syarat2 merestore database mysql adalah

1.)Backup database anda terlebih dahulu melalui mysqldump atau mysql administrator, atau program backup lainnya sebelum ke langkah ke 2.

2.)Langkah kesatu harus dilakukan agar menghindari kejadian yang kita tidak diinginkan bilamana sudah,jalankan mysqladministrator dengan cara klik kiri 2 kali lalu liat gambar:




jika anda tidak mempunyai mysqladministrator harap install mysql-gui-tools-5.0-r12-win32 program dapat di download di http://dev.mysql.com/ pilih menu downloads,file sekitar 17 mb an jika anda memakai windows,jika linux juga ada telah disediakan.



3.)Langkah Ketiga
Priksa file hasil backup,letaknya dimana,wakti backupnya kapan,namanya apa biasanya berekstensi .sql,jika sudah dipersiapan lalu langkah selanjutnya



4.)Langkah keempat
Buka menu restore seperti gambar sesuai langkah di bawah:





Perhatikan kondisi database yang saya backup kemarin =dengan hasil test.sql





Perhatikan kondisi Database sekarang saya sebelum langkah restore dilakukan:




Masuk kemenu mysql administrator pilih menu system restore



Pilih lah hasil backup dengan ekstensi .sql dan lalu open




Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini kemudian klik start restore




Setelah itu buka database anda seperti gambar berikut lihat dengan detail:




Perhatikan jumlah record yang ada di data saya lihat baik2 data saya kembali ke 2 record lagi yang merupakan data hasil backup kemarin,
Jadi fungsi backup ialah mengembalikan data kemarin yang 2 record itu yang sebelum restorenya data saya ada 3 record,jelaskan jika restore hasil backup database berhasil hasilnya seperti ini.
Demkian tutorial sedikit dari saya kritik dan saran ke ibaskorn@gmail.com,tutorial ini dibuat agak sedikit terlambat dikarenakan monitor komp penulis mengalami kerusakan,trima kasih dari saya,wasalam.