Sabtu, 29 Maret 2014

Solusi Bandwith Manajeman Mikrotik dengan Priority/Level

Selamat siang

Langsung saja,
Biasanya kebanyakan untuk admin yang awam lupa akan hal ini yaitu setiap Queues si samaratakan padahal jika seperti ini dilakukan, akan mengakibatkan pemakaian internet user akan  tidak beraturan contoh:
ada Direktur,Manajer,IT dengan level kecepatan sama ,  contohnya jika akses kita pukul rata 256 kbps, jika manajer dan it sedang download maka kecepatan internet bandwith akan full, padahal yang punya perusahaan direktur datangnya siang dan belum memakai komputer, sudah pasti saat direktur yang selalu datang siang dan pada saat akan memakai internet dia pasti akan complent, kenapa internet saya lama team it akan langganan kena semprot :)
selamat kena semprot, bagaimana cara mengatasi ini salah satu caranya dengan bandwith priority pada mikrotik dibawah ini :

















nah caranya untuk kita buat perbedaannya adalah direktur kita set priority 1, manajer priority 2 dan it priority 3, jadi pada saat direktur ingin pakai internet otomatis bandwith akan mengutamakan priority nomor 1
sudah pasti 2 dan 3 akan terabaikan :) demikian dari saya, terima kasih salam ibaskorn@gmail.com dan mudah mudahan anda tidak akan kena semprot direktur lagi :).





Kamis, 20 Februari 2014

Cara Pemakaian Winbox Untuk Mesin Mikrotik

Winbox adalah suatu aplikasi kecil yang digunakan untuk mengkonfigurasi mesin mikrotik, mikrotik dapat dikonfigurasi melalui beberapa media(web,aplikasi winbox,command)
Artikel kali ini hanya membahasa cara pemakaian winbox pada mikrotik

Langkah Pertama Download Winbox di
http://www.mikrotik.co.id/download.php

Versi terakhir adalah winbox-2.2.18.exe













Setelah download

Aplikasi winbox ini default mengunakan port 8291
Cara Pemakaiannya adalah.
Klik winbox-2.2.18.exe
















Penjelasaan
Connet To: bisa di isi ip address mesin mikrotik atau alamat mac addrees mesin mikrotik
                   jika anda tau ip address mesin mikrotik anda langsung dapat mengisinya
                   jika tidak tau anda dapat mengklik tanda ... dikotak sebelah isian untuk mendapatkan 
                   mac  address mesin mikrotik anda.
                   (default ip address mikrotik baru adalah 192.168.88.1)

Login: adalah isian user (default mikrotik baru adalah admin)

password: adalah isian password (default mikrotik baru adalah admin/ tidak ada password/'password')


Setelah anda mengisikan connect to,login,password anda langsung klik connect untuk masuk ke mesin mikrotik.

Jika anda tidak bisa masuk kemesin mikrotik tidak ada jalan lain mikrotik anda harus direset terlebih dahulu.

Demikian dari saya, terima kasih atas perhatiannya, kritik dan saran kirim ke ibaskorn@gmail.com
bravo IT indonesia :).





Rabu, 19 Februari 2014

Cara Install e-spt masa 21-26 2014 (Aplikasi Pajak)


Cara Install
Langkah Pertama:
1. Download master installer aplikasi dari website pajak (besar aplikasi diatas 200 mb (terdiri dari 6 file))
ikuti gambar dibawah ini:



















































6 file digambar berkapasitas masing masing 40mb (besar sekali), simpan ke enam file tersebut pada satu folder yang sama, setelah download selesai
1.hapus tanda_ (garis bawah pada nama dari ke 6 file tersebut)
2.gunakan winrar, kemudian pada file part1 klik kanan kemudian pilih extrack here
3. lalu akan terbentuk satu file seperti gambar dibawah ini.











2. Download Patch update aplikasi













simpan file patch pada tempat yang sama

3. Cara Install
Saya anggap sudah diextrack file master installernya. pilih setup lalu klik dan tinggal next next saja sampai
finist (Progress installare akan menginstalll 3 componen diatas kemudian baru aplikasinya)
saya anggap tinggal next2 sudah pasti selesai
Selanjutnya install pacth aplikasi/perbaikan aplikasi
klik patchmeup.exe lalu klik patch lalu otomatis sampai informasi selesai muncul.

4. Install acces database engine 2010
kenapa menginstall acces database engine dikarenakan saat kita pilih database ada pesan error seperti gambar diabawah ini.













untuk mengatasi error diatas download acces engine dibawah ini.
http://www.4shared.com/zip/pI0EY10zba/AccessDatabaseEngine2010.html?

close program e-spt anda dulu lalu
kemudian install (dengan mengklik accedatabaseengine2010.exe) file hasil download diatas
tinggal next2 lalu finish
coba aplikasi anda pasti sudah ok
 :) ko tumben tumbennya bikin guide seperti ini ? :) sekali - sekali membantu pemerintah :) he2 , kritik dan saran kirim ke ibaskorn@gmail.com










Selasa, 18 Februari 2014

Cara Mengecek No Resi Pengiriman Barang Pada Tiga Expedisi Terbesar Di Indonesia

Untuk PT Pos Indonesia

buka web dengan mengetikan www.posindonesia.com
ikuti gambar dibawah ini.














Untuk JNE
buka web dengan mengetikan www.jne.co.id
ikuti gambar dibawah ini.














Untuk tiki
buka web dengan mengetikan www.tiki-online.com
ikuti gambar dibawah ini.














Fungsi pengecekan resi di web adalah memastikan barang yang anda kirim  sudah sampai ke penerima atau belum, fungsi diweb ini benar - benar bagus karena bebas biaya :),
kritik dan saran kirim ke ibaskorn@gmail.com


Jumat, 14 Februari 2014

Cara Cepat Mengecek Tombol Keyboard Rusak Pada PC/Laptop

Kali ini akan saya share cara cepat untuk mengecek tombol keyboard rusak dibawah ini:
Untuk yang masih awam, cara cepat dengan mengunakan aplikasi dibawah ini













Cara pakainya
  1. Tinggal klik aplikasi berextensi exe diatas kemudian muncul keyboard Test.
  2. Lalu tekan tombol keyboard yang anda anggap rusak.


Aplikasi bisa didownload dibawah ini
http://www.4shared.com/file/LCzbqx1Xba/Keyboard.html?


Demikian dari saya, saran dan kritik kirim ke ibaskorn@gmail.com




Rabu, 12 Februari 2014

10 File Management Tips File Management Basics for Electronic Files (by Susan Ward)

1. Organize by file types.
Make applications easier to find by creating a folder called Program Files on your drive and keeping all your applications there. For instance, the executables for Word, PowerPoint and Simply Accounting would all reside in the Program Files folder.

2. One place for all.
Place all documents in the My Documents folder and no where else. So whether it’s a spreadsheet, a letter or a PowerPoint presentation, it goes into My Documents. This will make it easier to find things and to run backups.

3. Create folders in My Documents.
These are the drawers of your computer’s filing cabinet, so to speak. Use plain language to name your folders; you don’t want to be looking at this list of folders in the future and wondering what “TFK” or whatever other interesting abbreviation you invented means.

4. Nest folders within folders.
Create other folders within these main folders as need arises. For instance, a folder called “Invoices” might contain folders called “2013”, “2012” and “2011”. A folder named for a client might include the folders "customerdata" and "correspondence". The goal is to have every file in a folder rather than having a bunch of orphan files listed.

5. Follow the file naming conventions.
Do not use spaces in file names, keep file names under 27 characters, and use all lower case. So a file named for a client should be jackdawson rather than Jack Dawson. If you break any of these rules, be consistent about it.

6. Be specific.
Give files logical, specific names and include dates in file names if possible. The goal when naming files is to be able to tell what the file is about without having to open it and look. So if the document is a letter to a customer reminding him that payment is overdue, call it something like "overdue081212"; rather than something like “letter”. How will you know who the letter is to without opening it? See the next point.

7. File as you go.
The best time to file a document is when you first create it. So get in the habit of using the "Save As" dialogue box to file your document as well as name it, putting it in the right place in the first place.

8. Order your files for your convenience.
If there are folders or files that you use a lot, force them to the top of the file list by renaming them with a ! or an AA at the beginning of the file name.

9. Cull your files regularly.
Sometimes what's old is obvious as in the example of the folder named "Invoices" above. If it's not, keep your folders uncluttered by clearing out the old files. Do not delete business related files unless you are absolutely certain that you will never need the file again. Instead, in your main collection of folders in My Documents, create a folder called "Old" or "Inactive" and move old files into it when you come across them.

10. Back up your files regularly.
Whether you're copying your files onto another drive or onto tape, it's important to set up and follow a regular back up regimen. See The 3 Steps to a Successful Backup System for more information.

The search function is a wonderful thing but it will never match the ease of being able to go directly to a folder or file. If you follow these file management tips consistently, even if you don't know where something is, you know where it should be - a huge advantage when it comes to finding what you're looking for.

Selasa, 04 Februari 2014

10 SARAN BERSOPAN-SANTUN DALAM BER-EMAIL (Zoran Todorovich)

Bagi sebagian besar orang, email tampaknya menjadi rahmat sekaligus bencana. Email dapat menghemat biaya komunikasi,
terutama pada orang-orang yg jarang berhubungan dengan kita. Namun, dapat membuat kita menderita dengan menerima banjir
"spam email". Tidak banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi para "spammers" ini kecuali terus-menerus
melaporkannya pd "network administratur" kita. Bagaimanapun, dalam melakukan korespondensi pribadi, kita seyogyanya tetap
bersopan-santun untuk menjaga hubungan baik.

Berikut 10 saran bersopan-santun dalam ber-email ria :

1. Benahi susunan email "forwards" anda.
Bila anda ingin memforward sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain, maka luangkan sedikit waktu anda untuk menghapus
tanda yang biasanya muncul. Seperti tanda ">" dsb.

2. Gantilah "Subject" atau Judul email bila topik pembicaraan
anda berubah.
Seringkali setelah saling bertukar email beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun "subject" atau judul
email belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak email yang masuk bila "subject" disesuaikan dan dapat
mencerminkan isi email yang sedang anda tulis.

3. Hapuslah pesan reply yang tidak perlu.
Beberapa program email secara otomatis memunculkan isi email yang terdahulu bila anda sedang membalas/mereplynya. Ada
baiknya anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar anda anggap perlu.

4. Jangan teruskan surat berantai.
Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi anda sebuah email tentang humor atau cerita-cerita,
kemudian meminta anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman anda yang lain, atau bila tidak maka anda akan ketiban
sial. Mengapa anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila anda meneruskan email semacam ini? Hapus
saja dengan menekan tombol "delete".

5. Hormati privacy orang lain.
Ini termasuk juga alamat email mereka. Bila anda sedang mengirim email ke sejumlah orang yang mungkin satu-sama- lain tidak
saling mengenal, gunakan "bcc" atau "blind carbon copy " agar alamat-alamat email mereka tidak saling diketahui.
Bila anda mudah mengirim email ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbang - kan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk
dikomplain karena mereka menerima spam.

6. Jangan melakukan spam.
Mungkin saja anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat
email yang mereka dapat dari "forwarded email", kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.

7. Jangan berteriak-teriak.
Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol "Caps Lock") dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin
menganggap anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.

8. Jangan mudah "terbakar", over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu email tanpa berusaha memikirkannya dgn baik.
Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespon atas sesuatu email yang membuat kita
marah. Begitu juga dengan beremail ria. Bila anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan
emosional pula, maka sebaiknya jangan keburu anda
kirim email tersebut. Simpanlah dulu dalam "draft folder" selama beberapa hari untuk dibaca ulang.
Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu email tanpa berusaha memikirkannya dengan
bijaksana.

9. Bersabarlah dalam menunggu "reply".
Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet.
Mereka mungkin tidak membalas email anda dengan segera.
Masih banyak orang yg men-cek email mereka seminggu sekali.

10. Akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang anda anggap lucu.
Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih.

Jangan lupa: Luangkan waktu juga untuk memikirkan apa yang kita forward kan dan kepada siapa kita mem-forwardkan suatu
email. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forwardkan.
Untuk orang-orang tertentu, subyek-subyek tertentu (yang kita anggap lucu dan menarik atau ringan) bisa jadi sangat
sensitif dan serius!!

(diadaptasi dari The Top 10 E-mail Courtesy Suggestions,
Zoran Todorovich) On Eagle's Wings