Jumat, 21 Juli 2017

Cara mencegah ransomware











Sebelum saya berikan cara pencegahannya saya akan berikan dulu penjelasannya dibawah ini.
Ransomware adalah masuk kategori virus atau dengan kata lain perangkat lunak perusak yang canggih yang menghalangi akses korban ke file-nya, dan satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali akses ke file adalah dengan meminta membayar uang tebusan.

Metode Perusak Ransomware ada dua cara yaitu
1. melakukan encrypt file
2. mengunci file

Nah dari kedua metode perusak diatas saat ini yang dianggap berbahaya adalah metode nomor1 dikarenakan penawar decryptor ransomware kebanyakan belum ada saat ini, tipe ransomware dengan metode encrypt yang ada saat ini adalah locky,zepto,odin,thor,wannacry dan tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang jelas varian ini sama berbahayanya kita hanya bisa melakukan pencegahan  supaya tidak terkena virus ini adalah dengan mengikuti petunjuk saya dibawah ini.

Langkah Dibawah ini

1. Pada Komputer Jangan Membuka Link/url yang isinya video/ berita yang memancing kita untuk membukanya bisa saja link/url tersebut membawa kita untuk mendownload virus atau     menjalankan aplikasi virus.

2. Pada Komputer Jangan Membuka Link/url yang isinya video/ berita yang bersumber dari kiriman  facebook,twitter dari sosmed,website yang tidak tepercaya atau email,pastikan terlebih    dahulu sumber kebenaran link/url /video tersebut.

3. Pastikan Link/url yang isinya video/ berita yang anda buka dari sumber berita website terpercaya (detik.com, merdeka.com,youtube.com dll) atau dalam pengertian anda membuka dulu     website terpercayanya, setelah anda pastikan kebenaran beritanya apakah memang benar bersumber dari website terpercaya tersebut.

4. Jangan langsung tertarik langsung klik jika anda membuka link/url/video yang dibuat dengan gambar yang bagus yang gambarnya membuat anda penasaran pastikan kebenaran sesuai     langkah diatas.

5. Kalau tidak bisa memastikan kebenaran  link/url/video apakah termasuk kategori virus atau bukan anda bisa tanya langsung tanyakan ke Divisi IT Helpdesk.

6. Cara mengidentifikasi email ada dilink ini sudah pernah saya share diblog ini http://casualient.com/1YVK

7. Cara backup dan rangkuman menangani ransomware ini juga sudah pernah saya share diblog ini http://casualient.com/1YWd


Demikian 7 langkah dari saya untuk mencegah ransomware, salam :),