Breaking News
Loading...
Sabtu, 12 Mei 2012

Malam , langsung saja kali ini trik jitu bagaimana membuat 2 server mempunyai server file yang sama bagaimana langsung saja dibawah ini topologinya.
server 1 (folder contoh (master file)) = > server 2 ( folder contoh (secondary file))
apakah anda mengerti topologi diatas :(  penjelasannya dibawah ini :
server 1 mempunyai server file dengan nama folder contoh , akan otomatis mengirimkan data isi file di dalam folder contoh ke server 2 , jadinya server 2 mempunyai server file yang sama seperti server 1, proses syncronize ini dikerjaan mengunakan aplikasi tool kit pada window 2003 kelebihan aplikasi ini seperti membuat cermin atau duplikasi server 1 khusus untuk folder contoh.
apakah anda mengerti tulisan saya diatas kalau belum mengerti juga saya jelaskan lagi. server 1 sebagai master server file dengan bantuan aplikasi robocopy mampu membuat duplikasi file di tempat lain alias di komputer yang berbeda.
kenapa tidak memakai fungsi kopi standart pada windows jawaban saya ? kalau fungsi kopi file yang di kopi di tempat lain akan membuat kopi dari awal lagi ,bagaimana kalau data anda sangat besar butuh waktu yang lama untuk membuat duplikasi, melalui cara ini mangkanya saya berikan aplikasi robocopy ini tidak mengunakan fungsi kopi standart windows.
robocopy mempunyai kelebihan jadi mengecek dari server 2 sebagai destination duplikasi , jika file sama dengan server 1 maka tidak akan dilakukan proses mengkopy dari server 1.
sepertinya sudah jelas penjelasanya langsung ke praktek ahhhh dibawah ini.
jika anda mengunakan robo kopy pastikan anda sudah menginstall tool kit tambahan windows 2003 server, langsung tarik dari mediafire dibawah ini

http://www.mediafire.com/?8r7y4vunxg9svwg


jika sudah mendownload langsung saja di install , saya yakin anda sudah jago install menginstall lanjut kelangkah berikutnya.
gambaran script yaitu =robocopy source destination /mir
jadi pengertian script diatas adalah.
anda harus mengunakan command prompt windows untuk menjalankan aplikasi robocopy
anda harus masuk ke direktory file robocopy.exe di install
source adalah sumber data / master server file yang akan menjadi sumber duplikasi data.
destination adalah tujuan sumber server file yang akan di duplikasi bisa pada komputer yang sama atau komputer yang lain dengan syarat folder di komp lain sudah anda buka sharingnya dan security nya juga sudah di set .
/mir adalah script untuk membuat duplikasinya.

baik script yang real adalah dibawah ini.



diatas adalah script realnya anda bisa mengabungkan dengan task schedule yang ada pada windows minimalnya 3 jam sekali syncronize dijalankan, demikian trik ini, satu lagi pada tool kit windows 2003 server ini sudah ada petunjuknya jika anda sudah mengisntall tool kit ini dengan nama robocopy.doc, cukup sekian dari saya trima kasih wasalam ibaskorn@gmail.com :).