Breaking News
Loading...
Minggu, 04 Maret 2012

Malam masih dengan dengan penulis yang sama he2, kali ini saya akan memandu bagaimana caranya membuat  backup database di sql server dengan mengunakan schedule yan sudah ada yaitu sqlagent service yang sudah tersedia di sql server, langsung saja di bawah ini.
memang sqlagent ini adalah alternatif ke sekian dari beberapa cara untuk membackup database sql server langsung ke topik.
langkah pertama adalah pastikan sql agent pada service sql server anda telah terinstall dan telah aktif, saya positif anda sudah pasti bisa kemudian buat schedule agent kemudian bada step didalam sql agent isi query dibawah ini.

DECLARE @name VARCHAR(50) -- database name
DECLARE @path VARCHAR(256) -- path for backup files
DECLARE @fileName VARCHAR(256) -- filename for backup
DECLARE @fileDate VARCHAR(20) -- used for file name

SET @path = 'D:\backup\'

SELECT @fileDate = CONVERT(VARCHAR(20),GETDATE(),112) + '_' + REPLACE(CONVERT(VARCHAR
(20),GETDATE(),108),':','')

DECLARE db_cursor CURSOR FOR

SELECT name
FROM master.dbo.sysdatabases
WHERE name IN ('test')

OPEN db_cursor

FETCH NEXT FROM db_cursor INTO @name
WHILE @@FETCH_STATUS = 0

BEGIN

    SET @fileName = @path + @name + '_' + @fileDate + '.BAK'
    BACKUP DATABASE @name TO DISK = @fileName
    FETCH NEXT FROM db_cursor INTO @name

END

CLOSE db_cursor

DEALLOCATE db_cursor



diatas adalah script untuk membackup database dan sudah saya tes berhasil, test itu adalah nama database yang akan saya backup kemudian  @path adalah lokasi output backup anda. mudah kan tingall kopi paste saja kemudian merubah sedikit lalu tentukan jadwal slq agent berjalan alangkah baiknya dengan mensetting , berjalannya pada jam 1 malam kemudian 1 hari sekali atau bebas anda yang menetukan karena anda yang punya keperluan.
kemudian anda test dengancara klik kanan start job bilamana berhasil otomatis isi file di d:\backup akan betambah.
kemudian satu lagi trik ampuh jurus satu, yaitu bgaimana caranya bilamana output @path nya anda adalah folder yang ada di dalam jaringan atau di server langsung saja jurus kesatu keluar dibawah ini adalah:
masuk ke services.msc kemudian cari service sql server service kemudian anda stop lalu pada tab logonnya anda ganti dari local account ke this account dengan namadomain\user dan password yang benar lalu klik ok dan jalankan sql server lagi dan jalankan sql server agent  lagi lalu anda harus rubah query nya menjadi @path='\\server\backup\'  dan pada folder share di network ini anda harus tes  hak aksesnya terlebih dahulu apakah bisa buat file didalam folder ini atau tidak untuk memastikan hasil  outputnya akan langsung terbuat di file ini (yang pasti hak akses sudah di seting read and write untuk ini).

mohon maaf tidak bisa memprint screen gambarnya seperti artikel2 sebelumnya kemudian tidak juga memberikan secara detail bagaimana membuat sql agent yang baru secara detail , he2, saya sudah pikir anda sudah pasti bisa mebuatnya karena sangat mudah, cukup itu saja dari saya sekian dan slamat malam, salam
ibaskorn@gmail.com