Sabtu, 09 Oktober 2010

Internet Connection Sharing Standart Windows

Internet Connection Sharing Standart Windows

Selamat pagi mumpung hari libur dan sedang tidak di sibukkan kerjaan yang menekan hari ini menulis blog lagi, saya lanjutkan kali ini mengenai ICS “ Internet Connetion sharing” di windows untuk di linuk fedora saya sudah pernah membahasnya di blog ini nah sekarang giliran di windows, ics ini dilakukan tanpa mengunakan bantuhan pihak ketiga atau aplikasi tambahan, ics ini sudah di sediakan di windows langsung saja caranya di bawah ini.
Sebelum menjelaskan topologinya saya memberitahu untuk ics ini di dalam pc harus ada dua connection pada network (maksudnya misalkan 1 local area conection dan 1 local area connection dialup/modem atau 2 local area conection ,local area connection1 terhubung ke switch dan local area connection 2 terhubung ke modem) , jadi minimal harus ada 2 local area connection yang active.
Kemudian Saya menjelaskan topologinya dahulu bawah ini:





















Untuk nama LAN “Local area connection” 1 dan 2 posisinya bisa di tukar bilamana mengunakan modem adsl tetapi kalau modem usb / dialup namanya beda tidak bisa di tukar,maksudnya segmen b adalah alamat ip yang bisa dynamic /statis karena lan ini adalah pintu pertama ke internet jadi lan ini ipnya mengikuti ip modem adsl ‘ bisa di konfigurasi statis kalau anda sesuaikan dengan ip modem adsl anda’ !!!contoh yang saya ungkap kan adalah ics bilamana mengunakan modem adsl!!!,kemudian maksud segmen a adalah alamat ip statis / dynamic mengadopsi satu family misalakan 192.168.2.1 berarti segmen adalah 2  jadi diclient ipnya harus depannya 2 kaena menandakan satu segmen.
Untuk maksudnya di bedakan segmen a dan b adalah ketentuan bahwa segmen a tidak sama dengan segmen b dan tidak boleh sama harus beda.

 
Langkah konfigurasi sesuai topologi yang saya buat diatas:
Pc sharing
========================================
LAN 1 saya buat dhcp (di buat dhcp agar mengikuti modem adsl yang otomatis member nilai ip     
                                    kepada LAN1)























 kemudian pada LAN 1 di klik kanan pilih properties ,lalu pilh advanced
kemudian beri centang alow other network user

























Lalu setelah di klik ok LAN1 akan ada gambar tangannya seperti folder yang telah di sharing.




Kemudian langkah selanjutnya      
 
LAN 2 saya buat ip adrees 192.168.2.1
                           Subnet masknya adalah 255.255.255.0
                           Default gateway dan dns server di kosongkan
======================================================
Pc client
======================================================
Client saya buat ip adrees 192.168.2.2 (192.168.2.2-192.168.2.255)
                           Subnetmasknya adalah 255.255.255.0
                           Default gatewaynya adalah 192.168.2.1 (statis)
                           Dns server adalah 192.168.2.1 (statis)

nah pada client setelah di set akan langsung otomatis terkoneksi ke internet.
Nah sudah sampai tahap akhir di selesaikannya tulisan ini, jadi ics ini dapat di gunakan dari windows 98 sampai windows seven yang terakhir ini, dan yang perlu di perhatikan untuk pc sharing sebaiknya harus dinyalakan setelah modem adsl nyala dahulu, kemudian pc ini harus dalam keadaan on karena  pc client terhubung ke internet melalui pc sharing tersebut.
Demikian tulisan ini di buat dan selesailah tulisan ku kenapa saya tulis tulisan ini , karna saya menyadari bahwa semakin lama semakin tua umur saya maka akan sering ada yang terlupakan maka dari ini tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan bermanfaat sebagai arsip saya bilamana saya lupa, he2 serius dikit boleh kan cukup sekian trima kasih wasalam.