Selasa, 15 September 2009

Awal Memulai VB.Net

Sambil menunggu buka puasa dirumah pusing mau ngapain bingung juga mau ngapain mau ngapa2in ga enak males banget akhirnya ngeblog juga deh akhirnya dan yang saya bahas mengenai vb.net saya juga baru belajar masih awam sekali mengenai vb.net.

Vb.net adalah bahasa pemrograman Adik Tirinya vb 6.0 (he2) yang mempunyai hubungan satu keluarga dengan mempunyai bapak yang sama yaitu Microsoft tetapi beda ibu ( ibu adalah ibarat teknologi yang lebih cangih yaitu net frame work ), he2,bpk kawin lagi dengan ibu yang lebih muda alias gress, lalu meninggalkan anaknya dari ibu yang lama,tetapi tetap intinya sama yaitu satu darah alias masih menggunakan bahasa basic,VB.Net termasuk bahasa basic, bahasa pemerograman yang banyak dipakai para pemrogram di Indonesia.
Just kidding ya intinya itu tadi vb.net dengan teknologi net frameworknya fitur yang lebih canggih.
Kenapa alasannya memakai VB.Net satu saja saya tidak mau ketinggalan teknologi walau teknologi itu sedikit memberatkan saya dengan memory minimal besarnya 512 mb dan Pentium sekelas p4 tidak seperti vb 6.0 yang spesifikasinya paling gress buat komp sekelas p3 an dan memory 256 dah berjalan sempurna.

Terlebih dahulu saya perkenalkan logonya yang baru yang sudah di validasi.



langsung saja trikya yaitu cara koneksi ke database ( database yang saya gunakan mysql) saya menggunakan konsep adodb .
Untuk vb.net konsep adodb yang sy dapat dari kakak tirinya he2 yaitu vb 6.0.

Langkah pertama yang di perlukan yaitu anda harus install vb.net dulu sy pakai vb.net 2008
Kemudian install sesuai kebutuhan conector untuk database mysql dapat di download di
http://www.ziddu.com/download/5557062/mysql-connector-net-5.2.6.zip.html
setelah download lalu install di computer yang ada vb.net nya.

Kemudian saatnya membuka projectnya dan show time.